HUBUNGAN PERILKU VULVA HYGINE TERHADAP KEJADIAN KEPUTIHAN SANTRIWATI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH KI AGENG MBODO

Authors

  • Isti Aisah Stikes An Nur Purwodadi
  • Anita Lufianti Stikes An Nur Purwodadi
  • Fitriani Zaenal Stikes An Nur Purwodadi

Keywords:

Perilaku, Vulva Higiene, Keputihan

Abstract

Latar Belakang: Keputihan adalah kondisi vagina saat mengeluarkan lendir atau cairan menyerupai nanah yang disebabkan kuman. Terkadang keputihan dapat menimbulkan rasa gatal, bau tidak enak dan berwarna. Jumlah wanita di dunia pada tahun 2013 sebanyk 6, 7 milyar jiwa dan yang pernah mengalami keputihan sekitar 75% sedangkan wanita Eropa pada tahun 2013 sebanyak 739.004.470 jiwa dan yang mengalami keputihanya sebanyak 25%. Di Indonsia sekitar 90% wanita berpotensi mengalami keputihan karena negara indonesia adalah daerah yang beriklim tropis, sehingga jamur mudah berkembang yang mengakibatkan banyaknya kasus keputihan. 

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalahMenganalisa Hubungan Perilaku Vulva Hygine Terhadap Kejaian Keputihan Santriwati Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo.

 

Metode:

   Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kolerasi dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sempel yang digunakan adalahSimple Random Sampling. Didapatkan 40 responden menggunakan rumus slovin.

Hasil:

Berdasarkan analisis menggunakan komputerisasi dengan uji chi squereter dapat nilai signifikasi sebesar ( 0,008 ) dengan  ρ value < α ( 0,05 ).

Downloads

Published

2018-04-19