EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA KOMIK DAN LEMBAR BALIK TERHADAP PENGETAHUAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) PADA REMAJA POST PERAWATAN DI RSUD Dr. R SOEDJATI SOEMODIARDJO PURWODADI

Authors

  • Lukmanul Hakim
  • Suryani
  • Sutiyono

Keywords:

demam berdarah dengue, Pengetahuan, Komik, lembar balik, Pendidikan Kesehatan

Abstract

Latar Belakang; Dengue hemorrhagic fever (DHF) atau demam berdarah dengue (DBD) merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Salah satu upaya preventif untuk mengurangi jatuhnya korban DBD adalah dengan pendidikan kesehatan, komik dan lembar balik adalah satu media dari pendidikan kesehatan. 

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pendidikan kesehatan dengan media komik dan lembar balik terhadap pengetahuan demam berdarah dengue (DBD) pada remaja post perawatan di rsud dr. raden soedjati soemodiardjo purwodadi.

Metode: Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pre experimental design. Desain ini sering disebut juga dengan istilah quasi experiment. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pretest and posttest group. Teknik sampling yang digunakan adalah non random atau non probability sampling dengan Acidental Sampling. dan didapatkan 26 responden.

Hasil: Berdasarkan uji wilcoxon diperoleh hasil p value 0,001 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya ada perbedaan antara pendidikan kesehatan dengan media komik dan lembar balik sebelum dan sesudah perlakuan. Jadi dapat disimpulkan jika ada pengaruh dari penggunaan media komik dan lembar balik terhadap pengetahuan responden. Sedangkan pada uji Mann-Whitney didapatkan hasil pada nilai rank posttest komik 10.00 sedangkan nilai posttest lembar balik 17.00 lebih tinggi dibandingkan nilai post test komik, dari uji Mann-Whitney dapat disimpulkan jika pendidikan kesehatan dengan lembar balik lebih efektif.

Kesimpulan: Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lembar balik lebih efektif dibandingkan dengan media komik.

Downloads

Published

2017-12-19