HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK KELAS 6 SEKOLAH DASAR NEGRI 2 HARJOWINANGUN KECAMATAN GODONG KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Meinda Devitasari
  • Meity Mulya Susanti
  • Yesita Ragil

Keywords:

Interaksi Sosial Anak, Penggunaan Gadget

Abstract

Latar Belakang; Perkembangan teknologi yang digemari kebanyakan masyarakat saat ini adalah gadget, perkembangan teknologi akan membawa masyarakat menjadi kecanduan dan akan berdampak negatif. Masalah penggunaan gadget yang meningkatkan kecanduang gadget akan mengakibatkan kerusakan fisik dan psikologi serta gangguan pemusatan perhatian. Penggunaan gadget mengakibatkan anak usia 10-17 tahun menyaksikan pornografi sebanyak 55%, 35% anak dihubungi orang yang tidak dikenal dan 28% anak mengalami penipuan.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak kelas 6 sekolah dasar Negri 2 Harjowinangun Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.

Metode: Deskriptif komparatif dengan pendekatan Cross Sectional dengan metode pengumpulan data melalui kuisoner yang dibuat melalui Google From dan dikirim melalui Grub Whatssap dikarenakan kendala Covid-19 yang dikirim kepada 20 responden yang didapat dengan cara Quota Sampling dengan teknik Total Sampling.

Hasil: Hasil   analisa   uji   Chi-Square   yang   tidak   memenuhi   dan   diganti

menggunakan uji  Fisher  dengan tingkat 95% (α  = 0.05) menunjukkan  p-vslue =

0.010 dan OR (Odds Ratio) sebesar 18.333. Artinya terdapat hubungan penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak kelas 6 sekolah dasar Negri 2 Harjowinangun Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan..

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget dengan interaksi sosial anak kelas 6 sekolah dasar Negri 2 Harjowinangun Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.

Downloads

Published

2017-12-19