HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS IBU BEKERJA TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH (4 – 5 TAHUN ) DI TK PERTIWI 1 TANJUNGREJO KECAMATAN WIROSARI

Authors

  • Melina Sari
  • Anita Lutfianti
  • Christina Nur Widayati

Keywords:

Pola asuh demokratis, Kemandirian anak, Anak prasekolah

Abstract

Latar Belakang; Pola asuh demokratis yaitu pola asuh yang membentuk kepribadian anak dengan  memprioritaskan kepentingan anak yang bersifat rasional dengan pemikiran – pemikiran. Pola asuh demokratis sangat memperhatikan kebebasan anak, Keinginan dan pendapat anak sangat diperhatikan, jika pendapat sesuai dengan norma-norma orang tua maka disetujui untuk dilakukan, tetapi jika pendapat anak tidak sesuai diberikan pengertian secara obyektif untuk meyakinkan perbuatannya. Jika baik perlu dibiasakan dan jika tidak baik tidak perlu dilakukan kembali.

Tujuan : Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan pola asuh demokratis ibu bekerja terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah (4-5 tahun).

Metode Penelitian : Jenis Penelitian ini menggunakan Kuantitatif dengan Desain deskriptif korelasi, pendekatan Cross Sectional, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode Pengambilan subjek dilakukan menggunakan teknik  non probability sampling dengan metode porpusive sampling sebanyak 35 responden.

Hasil : Berdasarkan Analisa menggunakan Komputerisasi dengan Uji Chi square dijelaskan terdapat hubungan antara pola asuh demokratis ibu bekerja terhadap tingkat kemandirian anak prasekolah dan secara statistik nilai signifikan

(P = 0,004).

Simpulan : Dari hasil penelitian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan pola asuh demokratis ibu bekerja terhadap tingkat kemandirian anak prasekolah (4-5 tahun) di TK Pertiwi 1 Tanjungrejo Kecamatan Wirosari.

Downloads

Published

2017-08-19