AKTOR-FAKTOR YANG BERKAITAN DENGAN PENCEGAHAN PENULARAN COVID 19 DI MASYARAKAT:A LITEERATURE REVIEW

Authors

  • Muhammad Taufik Universitas An Nuur
  • Sutrisno Universitas An Nuur
  • Christina Nur Widayati Universitas An Nuur

Keywords:

Covid 19, The factors prevention of transmission

Abstract

Latar belakang - Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus korona baru yang disebut SARS-CoV-2. Covid. Word Health Organization (WHO) Pertama kali mengetahui virus baru ini pada 31 Desember 2019 Menyusul laporan dari sekelompok kasus ‘Virus pneumonia’ di Wuhan Republik Rakyat Cina. Angka kematian akibat Covid 19 di Dunia  per tanggal 14 februari sebanyak 2.381.295 jiwa.

Metodologi - Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan Diskriptif dengan rancangan Literature Review menggunakan 10 jurnal. Data yang didapatkan berupa artikel atau jurnal yang relevan dengan topik menggunakan database Pubmeed, Science direct, Prouquest, SAGE journals, dan  Google Scholar.

Hasil - Peneliti melakukan penelitian dari 10 jurnal yang berkaitan dengan faktor pencegahan penularan covid 19 di masyarakat, didapatkan 4 jurnal Pengetahuan, 3 jurnal Sosial Distancing dan 3 jurnal PHBS.

Kesimpulan - Terdapat pengaruh faktor Pengetahuan, Isolasi jaringan sosial atau Sosial Distancing dan Perilaku hidup bersih sehat terhadap pengurangan proses penularan covid 19 dimasyarakat. Diantara ketiga faktor tersebut bisa dikatakan bahwa faktor pengetahuan adalah faktor yang paling dominan dikarekan segala hal yang dilakukan oleh masyarakat dipengaruhi oleh pengetahuan yang mendukung.

Downloads

Published

2019-12-19