PENGARUH SENAM KAKI DIABETES TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI KAKI PADA PASIEN DIABETES DI DESA WEDORO KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Muhlisin
  • Anita Lufianti
  • Rahmawati

Keywords:

diabetes, nyeri kaki, intensitas nyteri

Abstract

Latar Belakang; Saat ini diabetes melitus (DM) terjadi peningkatan yang cukup signifkan tejadi di seluruh dunia mapun indonesia, dan salah satu gejala dari DM adalah munculnya nyeri kaki pada perifer atau ujung kaki. Salah satu penatalaknaan untuk mengurangi intensitas nyeri adalah senam kaki, senam kaki merupakantidakan non-farmakologi yang digunakan untuk menguangi intensitas rasa nyeri pada pasien DM. Cara kerjanya memperlacar sirkulasi darah sehingga oksigen dan nutrisi pada sel membantu menurunkan rasa nyeri.

 

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Senam Kaki Diabetes Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Kaki Pada Pasien Diabetes Di Desa Wedoro Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan. 

 

Metode: Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah  Pre Ekperimental Design dan jenis rancangan penelitian One Group Pretest and Posttes, yaitu jenis penelitian yang dilakukan dengan cara sebe;um di lakukan intervensi di lakukan pengukuran terlebih dahulu (prettes) setelah itu dilakukan intervensi dan dilakukan pengukuran kembali (postest). Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan metodePurposive Sampling, dan didapatkan 11 respoden.

 

Hasil; Berdasarkan analisis menggunkan komputerisasi dengan uji paired t test Sebelum dilakukan intervensi senam kaki diabetes dengan nilai rata-rata pada pre test  4.82, sedangkan etelah dilakukan intervensi senam kaki diabetes dengan rata-rata pada post test 3.55. Selain itu, dar hasil uji wilcaxon didapatkan hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.002. Karena nilai 0.002 lebih kecil dari 0.05 atau <0.05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesa diterima.

 

Kesimpulan: Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh senam kaki diabetes terhadap penurunan intensitas nyeri kaki pada pasien diabetes Di Desa Wedoro Kecamatan Penawangan  Kabupaten Grobogan.

Downloads

Published

2018-08-19