PENGARUH BERMAIN GAME MOBA ONLINE ANDROID TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK PRE SIRKUMSISI DI KLINIK WALISONGO GROBOGAN

Authors

  • muhammad harris Nugroho Universitas Annur purwodadi
  • Meity Mulya Susanti universitas annur purwodadi
  • rahmawati rahmawati universitas annur purwodadi

Keywords:

Game MOba, Online, Kecemasan, Anak

Abstract

Latar Belakang; Sirkumsisi merupakan proses memendekkan preputium sehingga glans penis tampak terbuka, yaitu dengan cara memotong preputium penis sehingga bagian dalam dan bagian luar preputium penis terputus. Sirkumsisi pada umumnya dilakukan oleh anak. Dan anak yang akan menjalani sirkumsisi erat kaitannya dengan timbulnya gangguan perasaan nyaman yang biasa disebut kecemasan. Kecemasan dapat ditangani dengan beberapa cara yaitu dengan farmakologi dan non farmakologi. Terapi non farmakologi ada beberapa macam yaitu terapi fisik (somatik) meliputi fisioterapi, terapi psikologi meliputi terapi kognitif, psikososial meliputi terapi kognitif perilaku , dan relaksasi distraksi meliputi tarik nafas dalam atau melakukan kegiatan yang bisa mengalihkan rasa cemas salah satunya bermain game.

Tujuan: tujuan dari peneletian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh bermain game moba online android terhadap tingkat kecemasan pada anak pre sirkumsisi di klinik wali songo grobogan.

Metode: pada penelitian ini menggunakan desain Quasi Experiment dengan rancangan pre test post test control group. Tehnik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan tehnik accidental sampling. Sehingga didapatkan jumlah sample dalam penelitian ini sebanyak 11 responden pada kelompok kasus dan 11 responden pada kelompok kontrol.

Hasil: berdasarkan hasil uji Mann Whitney diperoleh nilai ρ 0.000. Karena nilai ρ < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain game moba online android terhadap tingkat kecemasan pada anak pre sirkumsisi.

Kesimpulan: dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain game moba online android terhadap tingkat kecemasan anak pre sirkumsisi di klinik Walisongo Grobogan.

Downloads

Published

2020-12-19