PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN HIPERTENSI TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENCEGAHAN HIPERTENSI DI RT 02 RW 05 KELURAHAN GROBOGAN

Authors

  • Novi Sri Lestari
  • Purhadi
  • fitriani

Keywords:

Hipertensi, Pengetahuan, Pencegahan hipertensi

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/tenang. Peningkatan tekanan darah dengan jangka waktu yang lama dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal, jantung dan otak apabila tidak dilakukan pengobatan secara dini (Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2017). World  Health Organization(WHO), diseluruh dunia sekitar 972 juta orang atau 26,4% orang di seluruh dunia mengidap hipertensi, angka ini kemungkinan akan meningkat menjadi 29,2% ditahun 2025. Dari 972 juta pengidap hipertensi, 333 juta berada di negara berkembang, termasuk Indonesia (Yonata, 2016).

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan hipertensi terhadap pengetahuan masyarakat tentang pencegahan hipertensi di Kelurahan Grobogan

Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pendekatan Pretest-posttest one group design, ,jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan Pre Eksperiment, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling.

Hasil: Hasil penelitian pengaruh pemberian Pendidikan Kesehatan hipertensi terhadap masyarakat tentang pengetahuan pencegahan hipertensi di rt 02 rw 05 kelurahan grobogan dengan jumlah responden 35 diberi penyuluhan Pendidikan Kesehatan hipertensi. Pengaruh Penyuluhan Pendidikan Kesehatan hipertensi terhadap masyarakat tentang pengetahuan pencegahan hipertensi menggunakan ujiwilcoxon  menunjukan ρ 0,001< 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh pemberian  penyuluhan Pendidikan Kesehatan hipertensi terhadap masyarakat tentang pengetahuan pencegahan hipertensi di Rt 02 Rw 05 kelurahan grobogan.

Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian  penyuluhan Pendidikan Kesehatan hipertensi terhadap masyarakat tentang pengetahuan pencegahan hipertensi di Rt 02 Rw 05 kelurahan grobogan.

Downloads

Published

2017-12-19