PENGARUH PEMBERIAN PENKES SINDROM PRE MENOPAUSE DENGAN VIDIO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN WANITA SEJAK DINI DI DESA TUNGGAK KECAMATAN TOROH KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Nughroho Christian Widianto Universitas An Nuur Purwodadi
  • Purhadi Purhadi Universitas An Nuur Purwodadi
  • Wahyu Riniasih Universitas An Nuur Purwodadi

Keywords:

Simdrom Pre Menapouse, Vidio, Animas, Pengetahuan

Abstract

Latar Belakang ; Jumlah wanita berusia lebih dari 50 tahun meningkat sehubungan meningkatnya angka harapan hidup sehingga terjadi juga peningkatan jumlah wanita menopause pada tahun 2030. Di Asia, menurut WHO (World Health Organization), pada tahun 2025 jumlah wanita berusia tua akan meningkat dari 107 juta menjadi 373 juta. Hal ini di dukung dengan usia harapan hidup wanita pada saat menopause (Yofina Mulyati, 2018). Proporsi wanita 30-49 tahun yang menopause meningkat seiring dengan meningkatnya umur. Seperti yang di duga presentase menopause meningkat dari 11% pada wanita umur 30-34 tahun, menjadi 23% pada wanita umur 44-45 tahun dan menjadi 44% pada wanita umur 48-49 tahun (SDKI,2012).

Tujuan : Untuk mengetahui adakah Pengaruh pendidikan kesehatan dengan video animasi tentang pre sindrom premenopause terhadap pengetahuan wanita sejak dini di Desa Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain penelitian Pre eksperimen dengan pendekatan One Group Design. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Qouta Sampling (Judgement Sampling). Didapatkan 135 responden yang dilakukan pre test kemudian diberi pendkes dan dilakukan post test.

Hasil : Berdasarkan analisis menggunakan komputerisasi dengan hasil uji Paired T Test ada perbedaan rata-rata pre dan post pada pengukuran pengetahuan wanita tentang sindrom pre menopause dengan perlakuan pemberian penkes dengan video animasi ( 7,80 - 4,33 = 3,47 ) dengan nilai p (0,000) < (0,05).

Kesimpulan : Dari hasil penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara pre dan post perlakuan pemberian penkes sindrom pre menopause dengan video animasi terhadap peningkatan pengetahuan wanita sejak dini di Desa Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan.

Keyword :  Sindrom Pre Menopause, Video Animasi, Pengetahuan wanita

Downloads

Published

2019-04-19