HUBUNGAN UKURAN RAMBUT DANPEMAKAIAN HIJAB DENGAN KEJADIAN PEDIKULOSIS PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN I’ANATUL MUBTADI’IN DESA TEGUHAN

Authors

  • Nurul Khoirul Nikmatul Azizah
  • Purhadi
  • Sulistiyarini

Keywords:

ukuran rambut, pemakaian hijab, pedikulosis

Abstract

Latar Belakang; Pedikulosis disebabkan oleh Pediculus Humanus Var Capitis. Penyakit ini menjadi masalah kesehatan tertinggi kedua setelah Skabies. Pedikulosis sering terjadi pada anak yang mempunyai rambut panjang dengan kebersihan yang buruk. Pedikulosis sering terjadi pada perempuan dikarenakan rata-rata rambut perempuan lebih panjang dan sering bertukar barang.

Tujuan:

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah semua Santriwati yang ada di Pondok Pesantren I’anatul Mubtadi’in Desa Teguhan. Teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 55 Santriwati. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Chi-Square.

Hasil: Hasil penelitian ini tidak terdapat hubungan antara ukuran rambut dengan kejadian pedikulosis dengan P value 1,000 > α (0,05) dan terdapat hubungan antara pemakaian hijab dengan kejadian pedikulosis dengan P value 0,032 < α (0,05) pada Santriwati di Pondok Pesantren I’anatul Mubtadi’in Desa Teguhan.

Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa tidak terdapat hubungan antara ukuran rambut dengan kejadian pedikulosis dan terdapat hubungan antara pemakaian hijab dengan kejadian pedikulosis pada Santriwati di Pondok pesantren I’anatul Mubtadi’in Desa Teguhan

Downloads

Published

2017-08-19