PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI TERHADAP KEPATUHAN MINUM OBAT PENDERITA HIPERTENSI DI DESA KETANGIREJO

Authors

  • Nurul Muntofiah Universitas An Nur
  • sutrisno sutrisno Universitas An Nuur
  • Wahyu Rini Asih Universitas An Nuur

Keywords:

pengetahuan tentang hipertensi, kepatuhan minum obat

Abstract

Latar Belakang; Hipertensi merupakan gangguan sistem peredaran darah yang menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas normal. Data kasus hipertensi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan sendiri pada tahun 2020 menunjukkan prevalensi di Kabupaten Grobogan pada tahun 2019 bulan januari sampai desember angka tertinggi yang mengidap hipertensi yaitu di Puskesmas Karangrayung I dengan jumlah capaian sasaran sebanyak 10.115 atau 63,34%, Desa Ketangirejo 1,784 atau 15,42%.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah Menganalisa Pengaruh Pengetahuan tentang Hipertensi terhadap Kepatuhan Minum Obat Penderita Hipertensi di Desa Ketangirejo

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian observasional analitik  dengan pendekatan case kontrol. Metode pengambilan sempel yang digunakan adalah non probality sampling dengan teknik purposive sampling. Didapatkan 30 responden karena responden kurang dari 30 responden jadi masuk kedalam sampel jenuh

Hasil: Berdasarkan analisis menggunakan komputerisasi dengan uji Kolmogrov smirnov terdapat nilai signifikasi sebesar ( 0,006 ) dapat diartikan ρ value < α ( 0,05).

Kesimpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pengetahuan tentang hipertensi terhadap kepatuhan minum obat penderita hipertensi di Desa Ketangirejo.

Downloads

Published

2019-04-19