HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS PULOKULON II

Authors

  • Nur Achmad Fauzi
  • Suryani Suryani
  • Yesita Ragil Kusumaningrum

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Pandemi COVID-19

Abstract

Latar Belakang: Baru-baru ini masyarakat di hebohkan dengan wabah virus baru dengan tingkat penularan sangat mudah yaitu melalui droplet (lendir) dengan gejalah awal yang sangat ringan. Virus ini dikenal dengan nama COVID-19. Hal ini sangat membuat masyarakat cemas dan takut untuk berkunjung ke puskesmas. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada tanggal 12 Maret 2021 di Puskesmas Pulokulon II, melalui wawancara singkat dengan beberapa  pertayaan yang di berikan kepada masyarakat yang berkunjung di Puskesmas, 5 dari 8 masyarakat mengatakan kurang puas terhadap pemeriksaan jarak jauh, hanya dilakukan wawancara oleh dokter mengenai keluhan pasien, perubahan tempat duduk yang tidak boleh berdekatan, serta pembatasan ruang tunggu.

Tujuan : Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan masyarakat yang berkunjung di Puskesmas Pulokulon II selama pandemi

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain Cross Sectional dengan pendekatan Diskriptif Korelasi. Teknik sempling yang digunakan adalah Total Sampling dengan 36 responden.

Hasil: Berdasarkan SPSS 16.0 menggunakan uji Chi Square tidak memenuhi syarat diganti menggunakan uji alternatif yaitu uji Kolmogorov-Smirnov Test diperoleh hasil p value 0.003< α 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil tersebut adalah ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan masyarakat yang berkunjung di Puskesmas Pulokulon II selama pandemi Covid-19.

Kesimpulan: berdasarkan dari penelitian ada Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Masyarakat Yang Berkunjung Di Puskesmas Pulokulon II Selama Pandemi Covid-19.

Downloads

Published

2017-08-19