PENGARUH RENDAM KAKI AIR HANGAT ATAU HIDROTERAPI UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI PADA PENDERITA HIPERTENSI: A LITERATURE REVIEW

Authors

  • Nur Afni Alawiyah
  • Christina Nur Widayati

Keywords:

rendam kaki, hidroterapi, Hipertensi

Abstract

Latar Belakang; Menurut WHO (2011), sebanyak 29% atau 1,6 miliar orang diseluruh dunia menderita hipertensi. Prevalensi di Indonesia sebesar 31,7% atau satu dari tiga orang dewasa mengalami hipertensi, dan 76,1% diantaranya tidak menyadari sudah terkena hipertensi (malibel, 2020). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh rendam kaki air hangat atau hidroterapi untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi.

Metodologi; Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan rancangan one grup pre-post test. Keyword pencarian rendam kaki air hangat atau hidroterapi terhadap hipertensi melalui website pencarian jurnal Google Scholar, PubMed dan Portal Garuda ditemukan 1.880 jurnal yang kemudian di skrining dan didapatkan 5 jurnal yang akan di analisis menggunakan analisis PICO.

Hasil; Hasil penelitian setelah dilakukan analisis PICO didapatkan bahwa rendam kaki air hangat atau hidroterapi berpengaruh untuk menurunkan tekanan darat tinggi pada penderita hipertensi.

Kesimpulan; Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, adanya pengaruh rendam kaki air hangat atau hidroterapi untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi.

Downloads

Published

2017-08-19