PENGARUH PERILAKU 3M (MENGURAS, MENUTUP, DAN MENGUBUR) DENGAN KEJADIAN DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE) DI WILAYAH PUSKESMAS PURWODADI I

Authors

  • Refina Rachmawati
  • Sutrisno
  • Christina Nur widayati

Keywords:

3M, DBD

Abstract

Latar Belakang; Kasus DBD di Kabupaten Grobogan pada tahun 2020 mengalami peningkatan sebanyak 513 kasus dengan kematian 7 kasus, dan kasus tertinggi yaitu di Kelurahan Purwodadi. Hal ini dikarenakan kurangnya kepedulian masyarakat mengenai perilaku 3M (menguras, menutup, dan mengubur). Salah satu upaya pengendalian DBD pada masyarakat dapat dilakukan dengan gerakan 3M yaitu menguras TPA, menutup TPA, dan mengubur barang-barang bekas.

Tujuan: Mengetahui pengaruh perilaku 3M (menguras, menutup, dan mengubur) dengan kejadian DBD (Demam Berdarah Dengue) di Wilayah Puskesmas Purwodadi I.

Metode: Desain dalam penelitian ini adalah menggunakan survey analitik dan menggunakan pendekatan Case Control yang bersifat retrospektif, teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden sebanyak 50 responden yang terbagi menjadi 25 kelompok kontrol dan 25 kelompok kasus.

Hasil: Berdasarkan analisis menggunakan komputerisasi dengan uji Chi-Square diperoleh hasil yaitu p value 0,004 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini diperkuat juga dengan hasil OR sebesar 6,000.

Kesimpulan: Ada pengaruh perilaku 3M (menguras, menutup, dan mengubur) dengan kejadian DBD (Demam Berdarah Dengue).

Downloads

Published

2017-08-19