HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA LANSIA DI DESA BANDUNGHARJO KECAMATAN TOROH

Authors

  • Reni Nesti astuti
  • Anita Lutfianti
  • Nurulistyawan Tri P

Keywords:

Kepatuhan diet, hipertensi

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang tidak menular tetapi hipertensi dapat mengakibatkan kematian 57,6% di Indonesia. Sedangkan di Indonesia hipertensi banyak dialami wanita berumur 55 tahun. Hipertensi dipengaruhi faktor presipitasi yaitu usia, ras, jenis kelamin, dan keturunan, dan faktor preseposisi yaitu obesitas, merokok, diet/pola makan dan kurangnya aktifitas fisik.

 

Tujuan : Tujuan penelitian yaitu mengetahui ada tidaknya hubungan kepatuhan diet dengan kejadian hipertensi pada lansia.

 

Metode : Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan case control yang bersifat restropektif yaitu suatu penelitian yang mencari hubungan antara variabel independent dan dependent yang didefinisikan pada waktu penelitian dengan melihat faktor resiko atau terjadinya pada waktu yang lalu. Teknik sampling dengan yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh, dan didapatkan 20 responden.

                                                        

Hasil : Berdasarkan analisa menggunakan komputerisasi dengan uji chi-quare diperoleh nilai p=.000 < alpha= 0,05 dengan demikian terdapat hubungan antara kepatuhan diet dengan kejadian hipertensi.

 

Kesimpulan : Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada kepatuhan diet dengan kejadian hipertensi

Downloads

Published

2017-08-19