HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENGURAS, MENUTUP, MENGUBUR (3M) DENGAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DI DUSUN TAMBAK REJO DESA TAMBAK SELO KECAMATAN WIROSARI

Authors

  • Sintha Muktiningsih Stikes An Nur Purwodadi
  • fitriani Stikes An Nur Purwodadi
  • Suryani Stikes An Nur Purwodadi

Keywords:

3M, PSN, DBD

Abstract

Latar Belakang: kasus DBD pada tahun 2019 semakin meningkat ini dikarenakan kurangnya kepedulian akan 3M (menguras, menutup, dan mengubur). Selain 3M pemberantasan sarang nyamuk harus dilakukan pemutusan rantai kehidupan nyamuk itu sendiri. DBD sangat berbahaya dikarenakan  penyakit ini kalau tidak segera di tangani  akan menyebabkan kematian.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang menguras, menutup, mengubur (3m) dengan pemberantasan sarang nyamuk.

Metode: jenis penelitian dalam penelitian ini adalah  kuantitatif dengan desain penelitian rancanganb deskriptif  korelatif  dengan metode Cross Sectional dengan teknik sampling total sempling pada pelitian ini menggunakan 80 responden.

Hasil: dari hasil bivariat dengan uji chi square di dapatkan hasil tidak  ada hubungan tingkat pengetahuan 3M dengan PSN diketahui nila p value 0,312<0,05.

Kesimpulan : tidak ada hubungan tingkat pengetahuan tentang  3m dengan pemberantasan sarang nyamuk.

Downloads

Published

2016-08-19