PENGARUH PEMBERIAN JAMU UYUB-UYUB DAUN PEPAYA DAN JAMU DAUN KATUK TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI DI DESA SUGIHAN KECAMATAN TOROH

Authors

  • Tri Mulyani Stikes An Nur Purwodadi
  • Meity Mulyani Stikes An Nur Purwodadi
  • Mika agustiana Stikes An Nur Purwodadi

Keywords:

jamu uyub-uyub dan pepaya, jamu daun katuk, kelancaran ASI

Abstract

Latar Belakang: Menyusui bayi adalah  kewajiban yang harus dilakukan ibu paska melahirkan. Kegagalan dalam proses menyusui tahap awal/inisiasi menyusui dini juga sering terjadi. Salah satu alternatif pemanfaat jamu tradisional untuk kelancaran produksi ASI seperti jamu uyub-uyub daun pepaya dan jamu daun katuk.

Tujuan: Untuk mengetahui Pengaruh pemberian jamu uyub–uyub daun pepaya  dengan jamu daun katuk terhadap kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui di desa Sugihan Kecamatan Toroh.

Metodologi: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan pendekatan pre post test desaign. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel yang didapatkan yaitu 36 responden yang dibagi menjadi dua, 18 sampel diberikan jamu uyub-uyub daun pepaya dan 18 sampel diberikan jamu daun katuk.

Hasil : Hasil dari penelitian menunjukan bahwa jamu uyub-uyub daun pepaya dan jamu daun katuk menunjukan ada pengaruh dalam kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui. Dari hasil uji wilcoxon menunjukan p value < 0,05 (0,046 dan 0,025), sedangkan uji mann withney mendapatkan nilai sig 1.000 dan nilai mean rank dari jamu uyub-uyub daun pepaya adalah 18.50 sedangkan dari jamu daun katuk 18.50, dapat disimpulkan bahwa jamu uyub-uyub dan jamu daun katuk sama-sama dapat melacarkan produksi ASI.

Kesimpulan : Jamu uyub-uyub daun pepaya dan jamu daun katuk sama-sama ada pengaruh terhadap kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui di Desa Sugihan Kecamatan Toroh.

Downloads

Published

2016-08-19