PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP PERAWATAN BAYI DENGAN RESIKO TINGGI BBLR TERHADAP PENGETAHUAN ORANG TUA DI DESA MAYAHAN KECAMATAN TAWANGHARJO

Authors

  • Jayanti Dwi Universitas An Nuur
  • Meity Mulya S Universitas An Nuur
  • Yessita Universitas An Nuur

Keywords:

BBLR, Demontrasi, Perawatan Bayi

Abstract

Latar Belakang : Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) yaitu bayi resiko tinggi karena mempunyai kesakitan dan kematian lebih besar yang berkaitan dengan kelahiran dan penyesuain setelah lahir. BBLR yaitu bayi dengan berat lahir <2.500 gram. Bayi resiko tinggi lahir dari ibu dengan kehamilan resiko tinggi. prevalensi BBLR diperkirakan 15% dari seluruh kelahiran di dunia dengan batasan 3,3%-38%. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan orang tua terutama ibu untuk merawat bayinya yang memiliki resiko tinggi BBLR yaitu meningkatkan pengetahuannya dengan metode demonstrasi.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap perawatan bayi dengan resiko tinggi BBLR terhadap orang tua di Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimendengan desain one group pre post test design. Sampel penelitian ini yaitu Ibu yang mempunyai bayi resiko tinggi berjumlah 20 orang dengan Teknik sampling total sampling.

Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan pretest dan post test dengan hasil p value =0,000 < α= 0,005. Yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode demonstrasi terhadap perawatan bayi dengan resiko tinggi BBLR terhadap pengetahuan orang tua di Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo.

Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh metode demonstrasi terhadap perawatan bayi dengan resiko tinggi BBLR terhadap pengetahuan orang tua di Desa Mayahan Kecamatan Tawangharjo.

Downloads

Published

2020-04-19