PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENGENAL TANDA BAHAYA PADA GAGAL JANTUNG TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT

Authors

  • Rahmawati Universitas An Nuur Purwodadi
  • Sutiyono Universitas An Nuur Purwodadi
  • Suryani Universitas An NuurPurwodadi

Keywords:

Tanda Bahaya, Gagal jantung, Pengetahuan

Abstract

Latar Belakang; Gagal jantung kongestif merupakan penyakit yang bersifat progresif dengan gejala yang sangat mempengaruhi kondisi vital pasien. Kebanyakan kekambuhan gagal jantung kongestif terjadi karena pasien tidak memenuhi terapi yang dianjurkan misalnya tidak mampu melaksanakan terapi pengobatan dengan tepat, melanggar pembatasan diet, tidak mematuhi tindak lanjut medis, melakukan aktifitas fisik yang berlebihan dan tidak dapat mengenali gejala kekambuhan (Smeltzer, 2010). Berdasarkan data American Heart Assosiation (AHA) tahun 2012, pasien yang mengalami hospitalisasi akibat congestive heart failure diseluruh dunia sebanyak 1.094.000 pasien (Sarika, 2015).

Tujuan: Pengaruh pendidikan kesehatan tentang mengenal tanda bahaya pada gagal jantung terhadap pengetahuan masyarakat

Metode: Penelitian ini menggunakan desain literature review yang diperoleh dari google scholar, BMC Research Notes dan research gate dengan tahun penelitian yang terbaru yaitu 10 tahun terakhir.

Hasil: Dari kelima jurnal yang telah di review didapatkan hasil bahwa tingkat kepatuhan minum obat mempunyai hubungan yang erat dengan kejadian rawat inap ulang pada pasien gagal jantung kongestif.

Kesimpulan: Faktor Resiko yang memiliki hubungan signifikan dengan gagal jantung kongestif adalah jenis kelamin, usia, tekanan darah, kadar glukosa darah, riwayat merokok dan indeks massa tubuh. Sedangkan yang tidak memiliki hubungan signifikan dengan gagal jantung kongestif adalah riwayat keluarga dan kadar kolesterol darah.

 

Keyword: Gagal Jantung Kongesti, Pertolongan Pertama

Downloads

Published

2019-08-19