HUBUNGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENYAKIT KAKI GAJAH DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN PENYAKIT KAKI GAJAH

Authors

  • Betty Heruani Universitas An Nuur
  • Purhadi Purhadi Universitas An Nuur
  • Sutiyono Universitas An Nuur

Keywords:

Pengetahuan, Filariasis, Perilaku Pencegahan Penularan Penyakit Kaki Gajah

Abstract

Latar Belakang; Filariasis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun apabila tidak dilakukan pengobatan akan menyebabkan pembesaran pada kaki dan kelamin. Pengetahuan masyarakat tentang kaki gajah yang rendah dapat mempengaruhi pada perilaku pencegahan penularan penyakit kaki gajah.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pengetahuan masyarakat tentang penyakit kaki gajah dengan perilaku pencegahan penularan penyakit kaki gajah di Desa Tuko Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan.

Metode: Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah Quota Sampling, dan didapatkan 33 responden.

Hasil: Berdasarkan analisa menggunakan uji Chi- Square diperoleh nilai p= 0,001 jadi korelasi kedua variabel signifikan karena besarnya nilai (p- value) lebih kecil dibandingkan dengan besarnya α= 0,005. Berarti secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara kedua variabel.

Kesimpulan: Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkanbahwa terdapat hubungan pengetahuan mayarakat tentang kaki gajah dengan perilaku pencagahan penularan penyakit kaki gajah.

Downloads

Published

2021-12-19