ASUHAN KEPERAWATAN MATERNITAS PADA Ny. Y DENGAN FOKUS INTERVENSI BIOLOGIC NURTURING BABY LED FEEDING PADA POST SECTIO CAESAREA

Authors

  • Fitroh Unalisa universitas an nuur purwodadi
  • Anita Lufianti Universitas An Nuur

Keywords:

Nyeri, Biologic Baby Led Feeding

Abstract

Latar Belakang; Ayu andriana (2021) menyebutkan bahwa 68% persalinan dengan tindakan sectio caesarea (SC) mengakibatkan ibu menjadi kesulitan dalam melakukan perawatan bayi, bergerak naik turun, mobilisasi dari tempat tidur, dan mengatur posisi yang nyaman selama menyusui karena nyeri sesudah persalinan sectio caesarea (SC). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan Asuhan Keperawatan Maternitas Pada Ny. Y dengan Fokus Intervensi Biologic Nurturing Baby Led Feeding Pada Post Sectio Caesarea di Ruang Dahlia RSUD Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi terhadap penurunan nyeri post SC. 

Metodologi; Jenis penelitian yang digunakan dalam karya tulis ini yaitu Kuantitatif research dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu Ny. Y dengan post Sectio Caesarea. Instrumen pengkajian menggunakan lembar penilaian intensitas nyeri Numeric Rating Scale (NRS), lembar Standar Operasional Prosedur Keperawatan (SOP), dan konsep pola fungsional menurut Gordon yang dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui pengkajian, penentuan diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi tindakan.

Hasil; Hasil penelitian yang telah didapatkan yaitu pasien mampu melakukan teknik Biologic Nurturing Baby Led Feeding untuk mengurangi nyeri yang dirasakan dari skala nyeri 8 menjadi skala nyeri 4.

Kesimpulan; Teknik Biologic Nurturing Baby Led Feeding terbukti efektif untuk mengurangi intensitas nyeri post sectio caesarea.

 

Downloads

Published

2022-12-20