ASUHAN KEPERAWATAN ANAK PADA By. D DENGAN FOKUS INTERVENSI PENERAPAN FISIOTERAPI DADA DENGAN BRONKOPNEUMONIADI RSUD Dr. R SOEDJATI SOEMODIARDJO PURWODADI

Authors

  • Diana Aprilia Universitas An Nuur Purwodadi

Keywords:

Fisioterapi dada, Bronkopnemonia

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang ; Menurut laporan World Health Organization (WHO), sekitar 800.000 hingga 2 juta anak meninggal tiap tahun diakakibatkan oleh bronkopneumonia. Sedangkan diIndonesia prevalensi bronkopneumonia pada anak dan balita 93, 53 %, pada provensi jawa tengah bronkopneumonia pada balita 3.590. Berdasarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan jumlah penduduk penderita bronkopneumonia pada balita tahun 2021 sebanyak 5.330 kasus. Data dari RSUD Dr. R Soemodiardjo Purwodadi yang penderita bronkopneumonia pada balita tahun 2021 sebanyka 407 kasus.

Metodelogi ; Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien secara individu yang menderita bronkopneumonia. Instrumen pengkajian menggunakan pedoman wawancara dan konsep penelitian pengkajian keperawatan anak dengan pola fungsional menurut gorden dan pemeriksaan fisik.

Hasil ; Hasil penelitian yang telah didapatkan yaitu bersihan jalan napas tidak efektif dengan dilakukan fisioterapi dada sesak napas pasien membaik.

Kesimpulan : Masalah utama bersihan jalan napas tidak efektif sudah teratasi.

Kata kunci ; Fisioterapi dada pada pasien bronkopneumonia dengan masalah bersihan jalan napas tidak efektif.

Downloads

Published

2022-12-20