Asuhan Keperawatan Medikal Bedah pada Tn. K dengan Fokus Intervensi Terapi Relaksasi Benson untuk mengurangi Ansietas pada pasien Hemodialisa dengan Gagal Ginjal

Authors

  • Lestari Universitas An Nuur Purwodadi
  • Purhadi Dosen Universitas An Nuur

Keywords:

Relaksasi Benson, Gagal Ginjal, Hemodialisa

Abstract

Latar Belakang ; Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), penderita gagal ginjal kronik secara global ada lebih dari 500 juta orang, dan sekitar 1,5 juta orang harus menjalani terapi hemodialisa. Di Amerika Serikat sebanyak 200.000 orang hamper setiap tahunnya menjalani hemodialisa, juga di Asia Tenggara pada tahun 2025 diperkirakan jumlah pasien gagal ginjal kronik akan terus meningkat lebih dari 380.000.000 orang penderita gagal ginjal kronik (Wahyuni, Lawati, & Gusti, 2019). (Natalia, 2020)
Metodelogi ; Jenis penelitian yang digunakan dalam karya tulis ini yaitu Kuantitatif research dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu Tn. K dengan gagal ginjal. Instrumen pengkajian menggunakan lembar Standar Operasional Prosedur Keperawatan (SOP), dan konsep pola fungsional menurut Gordon yang dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui pengkajian, penentuan diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi tindakan.
Hasil ; Hasil penelitian yang telah didapatkan yaitu pasien mampu melakukan Terapi Relaksasi Benson untuk mengurangi Ansietas pada penderita gagal ginjal.
Kesempulan ; Terapi Relaksasi Benson terbukti efektif untuk mengurangi ansietas terhadap pasien yang menjalani hemodialisa gagal ginjal.

Downloads

Published

2022-04-20