ASUHAN KEPERAWATAN MATERNITAS PADA NY. P DENGAN FOKUS INTERVENSI EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI PADA POST SECTIO CAESAREA DI RSUD Dr. R SOEDJATI PURWOADI

Authors

  • Anita Lufianti Universitas An Nuur
  • Ellya Vinasajati Universitas An Nuur

Keywords:

nyeri post SC, EFT, penurunan skala nyeri, terapi non farmakologis

Abstract

Latar Belakang: Setiap ibu yang menjalani operasi Sectio Caesaria (SC) sering mengeluh nyeri post operasi yang sangat mengganggu, sehingga dapat menimbulkan dampak negatif seperti mobilisasi yang terbatas, bonding attachment antara ibu dan bayi terganggu, dan aktivitas Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yang tertunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efek intervensi EFT atau terapi ketuk terhadap penurunan nyeri post SC.

Metodelogi: Jenis penelitian yang digunakan dalam karya tulis ini yaitu Kuantitatif research. Pada pendekatan kuantitatif ini menekankan pada analisa pada proses penyimpulan deduktif dan induktif. Penelitian pendekatan menggunakan studi kasus karena peneliti akan menerapkan intervensi, melakukan pengamatan kepada klien dengan masalah nyeri post sectio caesarea.

Hasil: Hasil penelitian yang telah didapatkan yaitu pasien mampu mengontrol nyeri dengan melakukan terapi nonfarmakologi Emotional Fredoom Tehnique (EFT) yang awalnya nyeri yang dirasakan dengan skala 7 sekarang menjadi skala 3 setelah diberikan terapi Emotional Fredoom Tehnique (EFT).

Kesimpulan: Adanya efektifitas pemberian terapi nonfarmakologi Emotional Fredoom Tehnique (EFT) untuk mengurangi intensitas nyeri post sectio caesarea.

Downloads

Published

2023-08-20