ASUHAN KEPERAWATAN PADA An. S DENGAN FOKUS INTERVENSI PENERAPAN PEMBERIAN WATER TEPID SPONGE PADA PASIEN DEMAM THYPOID

Authors

  • Ani Trisnawati Universitas An Nuur
  • Meity Multya Universitas An Nuur

Keywords:

Demam typoid,, water tapid sponge

Abstract

Latar belakang ; Demam Thypoid merupakan Salah satu penyakit endemik di Indonesia yang erat berhubungan dengan lingkungan yang tidak memenuhi syarat kesehatan, seperti penyediaan air minum yang buruk, jamban keluarga yang tidak memenuhi syarat, dan sanitasi lingkungan yang kumuh (Faradilla & Abdullah, 2020).Data Kesehatan Dunia World Health Organization (WHO) memperkirakan jumlah kasus demam thypoid di seluruh dunia mencapai 21 juta orang di dunia terkena penyakit demam thypoid (Akbar et al., 2020)
Metodologi ; Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Jenis penelitian kuantitatif research (hidayat, 2019). Subjek penelitian ini adalah pasien rawat inap secara individu yang menderita penyakit Demam Thypoid. Waktu dan tempat dilaksanakan pada September 2022 di Puskesmas Geyer 1 dengan berfokus pada satu pasien anak yang mengalami DemamThypoid.
Hasil ; Penulis melakukan implementasi keperawatan selama 3 hari. Masalah keperawatan yang terdapat dalam tubuh An. S sudah dilakukan tindakan keperawatan dengan kriteria hasil yang ditetapkan oleh penulis.
Kesimpulan ; Dengan menerapkan tindakan Water Tepid Sponge menunjukkan adanya perubahan terhadap penurunan suhu tubuh.

Downloads

Published

2022-12-20