ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA Tn.S DENGAN FOKUS TERAPI SPIRITUAL WUDHU UNTUK MENGONTROL EMOSI PADA PASIEN PERILAKU KEKERASAN DI RSJD Dr. ARIF ZAINUDDIN SURAKARTA

Authors

  • Dwi Apriliani Perempuan
  • Suryani Universitas An Nuur

Keywords:

perilaku kekerasan, Wudhu

Abstract

Latar belakang; Perilaku kekerasan merupakan salah satu gangguan perilaku yang sering terjadi pada klien dengan gangguan jiwa. Perilaku kekerasan ini dapat terjadi karena perasaan marah yang tidak dapat terkontrol, dan menimbulkan keinginan untuk melakukan tindakan kekerasan (Malfasari et al., 2020). Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kesehatan jiwa adalah kondisi sehat emosional, psikologis dan sosial yang terlihat dari hubungan interpersonal yang memuaskan, perilaku dan koping yang efektif, konsep diri yang positif dan kesehatan emosional. Menurut WHO memperkirakan 450 juta orang diseluruh dunia mengalami gangguan mental, sekitar (10%) orang dewasa mengalami gangguan jiwa saat ini dan (25%) penduduk diperkirakan akan mengalami gangguan jiwa pada usia tertentu selama hidupnya (Kandar & Iswanti, 2019). 

 

Tujuan; Perilaku kekerasan dapat terjadi pada klien yang mengalami putus obat. Selain itu, juga dapat terjadi pada seseorang yang pernah dirawat di rumah sakit dan mengalami depresi, gangguan emosional, dan pengguna narkotika.

 

Metodologi; Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam karya tulis ilmiah ini yaitu penelitian kuantitatif. Dengan pendekatan studi kasus. Rancangan yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian yaitu Tn.S yang mengalami Gangguan jiwa. 

 

Hasil; Peneliti mengidentifikasi bahwa setelah pemberian terapi spiritual wudhu selama 10-30 menit perhari yang dilakukan dalam 4 hari dapat menurunkan perilaku kekerasan Tn.S.

 

Kesimpulaln; Terapi spiritual wudhu sangat berpengaruh terhadap perubahan status mental klien untuk mengatasi marah. Karena wudhu dapat menjernihkan pikiran, menyejukkan hati, mengurangi stress, rasa khawatir, marah, merangsang dan mengefektifkan sistem kerja saraf.

 

Kata kunci; perilaku kekerasan, terapi spiritual wudhu

Daftar pustaka; 6 daftar pustaka

Downloads

Published

2022-12-20