ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.A DENGAN FOKUS INTERVENSI PENERAPAN FISIOTERAPI DADA TERHADAP BERSIHAN JALAN NAFAS DENGAN ISPA

Authors

  • Anif Inarotul ulya universitas an nuur purwodadi
  • Meity Mulya S Universitas An Nuur

Keywords:

Fisioterapi dada, ISPA, Dada

Abstract

 

Latar Belakang ; Menurut World Health Organitation (WHO) bahwa kurang lebih 13 juta anak balita meninggal setiap tahun dan sebagian besar kematian tersebut terdapat di negara berkembang Asia dan Afrika seperti : India (48%), Indonesia (38%), Ethiopia (4,4%), Pakistan (4,3%), China (3,5%), Sudan 1,5%), dan Nepal (0,3%). Sedangkan diIndonesia yang mengalami ispa pada anak balita kurang lebih 4 juta dari 13 juta anak balita. Sementara pada provensi Jawa Tengah sebesar 8,5%. Sementara di Kabupaten Grobogan pada tahun 2021 yang penderita ISPA pada balita sebanyak 5.733 kasus dan Puskesmas Toroh 1 pada tahun 2021 yang mengalami ISPA pada balita usia 1 sampai 5 tahun sebanyak 283 kasus.

Tujuan ; untuk melakukan asuhan keperawatan anak dengan fokus intervensi fisioterapi dada pada pasien ISPA di Puskesmas Toroh 1.

Metodelogi ; Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien secara individu yang menderita ISPA. Instrument penelitian menggunakan TTV set untuk menunjang data pada aspek fisik dan instrumen wawancara dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan rencana/konsep penelitian pengkajian keperawatan anak.

Hasil ; Hasil penelitian yang telah didapatkan yaitu dengan pemberian fisioterapi dada pada balita yang menderita ispa dapat menstabilkan pola napas pasien batas normal.

Kesempulan ; Masalah pasien ISPA dengan intervensi physiotherapy dada sudah berhasil.

Downloads

Published

2022-08-20