ASUHAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH PADA Ny. S DENGAN FOKUS INTERVENSI DISTRAKSI RELAKSASI MUSIK KLASIK UNTUK MENURUNKAN NYERI AKIBAT PENINGKATAN TEKANAN INTRA KRANIAL PADA PENDERITA HIPERTENSI

Authors

  • Ni Kadek Trisnayanti Universitas An Nuur Purwodadi
  • Sutrisno Universitas An Nuur

Keywords:

Hipertensi, Distraksi Relaksasi Musik Klasik

Abstract

Latar belakang; Hipertensi dapat diartrikan sebagai tekanan darah persisten dimana tekanan darah sistoliknya diatas 140 mmHg dan tekanan darah diastoliknya diatas 90 mmHg. Hipertensi merupakan penyebab utama dari gagal jantung, stroke dan gagal ginjal (Suzanne C. 2002). Menurut WHO dalam kutipan jurnal Kognisi et al., (2021) Prevalensi standar usia hipertensi pada orang dewasa berrusia 18tahun keatas adalah 22,1% pada tahun 2015 (20,1% pada Wanita dan 24,1% pada laki-laki). Di Indonesia data penderita hipertensi pada tahun 2018 dari 35 kabupaten yang terdapat di Jawa Tengah, penderita penyakit Hipertensi yang terdiagnosis dokter mencapai 41,686 (13,32%) (riskesdas 2018,)

Tujuan; Mengetahui penyebab hipertensi dan gejala yang ditimbulkan serta manfaat distraksi relaksasi musik klasik untuk meredakan nyeri yang di sebabkan hipertensi, pengelolaan asuhan keperawatan medical bedah.

Metodologi; Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam karya tulis ilmiah ini yaitu penelitian kuantitatif. Dengan pendekatan studi kasus. Rancangan yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian yaitu keluarga Ny. S yang mengalami Hipertensi.

Hasil; Peneliti mengidentifikasi bahwa setelah pemberian distraksi relaksasi music klasik selama 10-30 menit perhari yang dilakukan dalam 3 hari dapat menurunkan intensitas nyeri akibat hipertensi Ny. S.

Kesimpulan; Adanya efektifitas pemberian distraksi relaksasi music klasik untuk menurunkan nyeri akibat peningkatan intra kranial pada hipertensi.

 

 

 

 

 

Downloads

Published

2022-08-20