ASUHAN KEPERAWATAN MATERNITAS PADA Ny. G DENGAN FOKUS INTERVENSI TEKNIK MENYUSUI CRADLE HOLD PADA POST SECTIO CAESAREA

Authors

  • Erika Andiani Universitas An Nuur
  • Anita Lufianti Universitas An Nuur

Keywords:

Teknik Menyusui, Post Sectio Caesarea

Abstract

Latar Belakang ; Menurut World Health Organization (WHO 2016) angka pemberian ASI eksklusif di dunia berkisaran 38 persen. Secara  Nasional di Indonesia, cakupan bayi  mendapat ASI eksklusif  sebesar 61,33%  telah mencapai target rencana strategi tahun 2017 yaitu 44%. SedangkandiIndonesia prevalensi pada tahun 2019 pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan diiIndonesia sebesar 67,74%. Sementaraauntuk provinsi SumateraaBarat presentase pemberian ASIieksklusif adalahh75,92%. Dari hasil Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan pemberian ASI eksklusif pada bayi 0-6 bulan pada tahun 2019 adalah sebesar  48,91% sedangkan presentase bayiiyang mendapat ASI eksklusif  di kabupaten Grobogan pada tahun 2020 sebesar 50,56%  sedangkan pada tahun 2021 pemberian ASI eksklusif sebesar 52,86% sedikit meningkat jika dibandingkan presentase pemberian ASI eksklusif pada tahun-tahun sebelumnya.

Metodelogi ; Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuanitatif untuk menganalisis semua temuan pada tahapan proses keperawatan dengan menggunakan konsep dan teori keperawaan maternitas dengan postpartum primipara. Fokus studiini berfokus pada pengelolaan asuhannkeperawatan maternias posttpartum primipara dengannfokus intervensi teknik menyusui cradle hold untuk memberikan pengetahuan pada ibu post sectiocaesarea. Instrumen penelitian menggunakanperalatan/fasilitas dalam memudahkan pekerjaan danuntuk mencapai hasil baik saat mengumpulkan data oleh peneliti

Hasil ; Hasil penelitian yang telah didapatkan yaitu pasien mampu mendomostrasikan teknik menyusuidengan benar pada bayinya sehingga keluarnya asilancar.

Kesempulan ; Masalah ibu post sectio caesareadengan intervensi teknik menyusui sudah berhasil.

Downloads

Published

2022-08-20