ASUHAN KEPERAWATAN ANAK PADA AN. R DENGAN FOKUS INTERVENSI NEBULIZER PADA PASIEN ISPA DI PUSKESMAS GEYER 1

Authors

  • Nanda Novia Putri Universitas Annuur Purwodadi
  • Wahyu Riniasih Universitas An Nuur

Keywords:

ISPA,, Nebulizer Therapy

Abstract

ASUHAN KEPERAWATAN ANAK PADA AN.R DENGAN FOKUS

INTERVENSI NEBULIZER PADA PASIEN ISPA

DI PUSKESMAS GEYER 1

 

Oleh :

Nanda Novia Putri1), Wahyu Riniasih2)

Mahasiswa Universitas An Nuur, email : nandanoviaputri08@gmail.com

Dosen Universitas An Nuur, email : wahyuannur83@gmail.com

 

ABSTRAK

Latar Belakang; ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) merupakan radang akut saluran atas maupun bawah yang disebabkan oleh infeksi jasad renik atau bakteri, virus, tanpa atau di sertai parenkim paru (Putra & Wulandari, 2019). Penyakit saluran pernafasan ini menjadi masalah utama kunjungan pasien ke sarana kesehatan. Infeksi saluran pernapasan ini menyebabkan 4 dari 15 juta perkiraan kematian anak berusia di bawah 5 tahun setiap tahunnya (Sabri et al., 2019). Kasus terbanyak di dunia terjadi di India (43 juta), China (21 juta), dan Pakistan (10 juta) dan bangladesh, Indonesia, Nigeria masing-masing 6 juta (Arsin et al., 2020)

Tujuan;Untuk melakukan Asuhan Keperawatan anak dengan fokus intervensi nebulizer pada pasien ISPA di Puskesmas Geyer 1.

Metodologi; Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam karya tulis ilmiah ini yaitu kualitatif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kasus. Subjek penelitian yaitu pasien anak secara individu yang menderita ISPA yang mendapat terapi nebulizer. Instrumen pengkajian menggunakan konsep pola fungsional Gordon yang dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui pengkajian, analisa data, penentuan diagnosa, intervensi keperawatan, implementasi dan evaluasi tindakan.

Hasil; Peneliti mengidentifikasi bahwa setelah pemberian terapi nebulizer yang dilakukan 3 kali selama 3 hari menunjukkan hasil terdapat peningkatan pada bersihan jalan nafas tidak efektif sebelum dan sesudah dilakukan terapi nebulizer.

Kesimpulan; Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi nebulizer terhadap bersihan jalan nafas tidak efektif pada pasien ISPA.

 

Kata Kunci; ISPA, terapi nebulizer

Daftar Pustaka; 15 (2014-2022)

Downloads

Published

2022-08-20