ASUHAN KEPERAWATAN MATERNITAS PADA NY. R DENGAN FOKUS INTERVENSI TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS NYERI PADA IBU POST SECTIO CAESAREA

Authors

  • Ni Kadek Ginantri Wayan Universitas An Nuur Purwodadi

Keywords:

Operasi Caesarea, Terapi Musik Klasik, Nyeri

Abstract

ABSTRAK

Asuhan Keperawatan Maternitas NY. R DENGAN
FOKUS INTERVENSI TERAPI MUSIK KLASIK MENGURANGI
INTENSITAS NYERI PADA IBU PASCA BAGIAN CAESAREA
DI RUMAH SAKIT PERMATA BUNDA PURWODADI

By
Ni Kadek Ginantri1) , Yesita Ragil Kusumaningrum2) , Fitriani3)
1)Mahasiswa D III Keperawatan Universitas An Nuur, email : nikadekginantri0523@gmail.com
2)Yesita Ragil Kusumaningrum, S.Kep.,Ns.,M.Kep, email : ns.yesita@gmail.com
3)Fitriani, S.Kep.,M.Kes, email : fitrianizainal0207@gmail.com

Latar belakang ; Persalinan merupakan peristiwa fisiologis normal untuk melahirkan bayi. Sectio Caesarea adalah tindakan mengeluarkan bayi melalui sayatan pada dinding perut dan rahim untuk menyelamatkan ibu dan bayi atas beberapa indikasi medis. Nyeri Post Sectio Caesarea dapat ditangani dengan terapi farmakologi dan non farmakologi. Terapi nonfarmakologis yaitu terapi musik distraksi berguna untuk membuat seseorang rileks, menciptakan rasa nyaman dan sejahtera, menurunkan tingkat kecemasan dengan mengalihkan perhatian dari nyeri, mengurangi nyeri fisiologis.
Metodologi ; Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah Ny. R dengan post sectio caesarea. Instrumen asesmen menggunakan headphone, format asesmen, tensi meter, dan pengukuran skala nyeri menggunakan kuesioner intensitas nyeri Numeric Rating Scale (NRS) dan metode pengumpulan data yaitu melalui asesmen, analisis data, diagnosis, intervensi, implementasi dan evaluasi.
Hasil ; Hasil penelitian menunjukkan bahwa diagnosis utama pada Ny. R singkatan nyeri ketidaknyamanan. Evaluasi pelaksanaan Terapi Musik Klasik menunjukkan Ny. R mengatakan nyeri sudah berkurang. Dengan TD : 110/80 mmHg, skala nyeri 3 dan klien tampak nyaman.
Kesimpulan ; Masalah nyeri teratasi, dan hentikan intervensi.

Kata kunci ; Operasi caesar, terapi musik klasik,
Referensi nyeri ; 8 (2018-2022)

Downloads

Published

2022-08-20