ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn.S DENGAN FOKUS INTERVENSI PEMASANGAN KATETER TERHADAP RETENSI URIN PADA INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK)

Authors

  • angga pratama
  • Purhadi Universitas An Nuur

Keywords:

Infeksi Saluran Kemih, Retensi Urin, Pemasangan Kateter

Abstract

Latar belakang; Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi yang terjadi di sepanjang saluran kemih termasuk ginjal itu sendiri dikarenakan pembiakan dari microorganism (Ramli, 2020). Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang tersering terjadi kedua setelah penyakit saluran pernafasan.Infeksi saluran kemih lebih sering di alami oleh anak perempuan dan wanita di banding dengan pada laki-laki (Ramli, 2020). Infeksi saluran kemih (ISK) menurut data WHO secara internasional mencapai 35%-45% dari seluruh infeksi nosocomial,dan sebanyak 8,3 juta kasus di laporkan tiap tahunnya(Diny Vellyana, Gunawan Irianto, 2020).

Metodologi; Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deongan design studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu Tn.S yang mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK). Instrumen dalam program karya tulis ilmiah adalah format pengkajian yang menjadi instrumen utama dalam penelitian studi kasus, pada penelitian ini menggunakan format pengkajian pola fungsional menurut Gordon, Analisa  data, Diagnosa, Intervensi keperawatan, Implementasi dan Mengevaluasi hasil Tindakan.

Tujuan ; Memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan dengan fokus intervensi pemasangan kateter terhadap retensi urin pada pasien Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Hasil; penulis setelah melakukan tindakan selama 1 x pemasanagan katater yaitu, Tn.S mengatakan bahwa sudah dapat BAK yang di bantu dengan selang kateter, perut terasa penuh berkurang serta distensi kandung kemih berkurang.

Kesimpulan; Masalah utama retensi urin teratasi dengan dilakukan intervensi pemasangan kateter

 

Kata kunci; Infeksi Saluran Kemih, Retensi Urin, Pemasangan Kateter

Daftar pustaka;

Diny Vellyana, Gunawan Irianto, R. (2020). Teknik Pemasangan Kateter Pada Kejadian Infeksi Saluran Kemih Di Ruang Rawat Inap RSUD Pringsewu. X(2), 115–121.

Ramli, R. (2020). Hubungan Pemasangan Kateter dengan Kejadian Infeksi Saluran Kemih pada Pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Nenemallomo Kabupaten Sidenreng Rappang Tahun 2020. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(6), 2013–2015.

Downloads

Published

2022-04-20