Asuhan Keperawatan Pada Ny.P Dengan Fokus Intervensi Breast Care Pada Post Section Caesarea Indikasi Ketuban Pecah Dini Hari Ke-1

Authors

  • syalwa anggun indiani universitas an nuur purwodadi
  • fitri Universitas An Nuur

Keywords:

Post Sectio Caesarea, Perawatan Payudara

Abstract

Latar Belakang; Salah satu faktor pemicu persalinan dengan sectio caesarea adalah ketuban pecah dini. Ibu yang melahirkan melalui proses sectio caesarea mengalami hambatan dalam waktu pengeluaran kolostrum karena beberapa hal. Hambatan menyusui yang terjadi pada ibu post partum sectio caesarea disebabkan karena nyeri post operasi yang mengganggu kenyamanan ibu dapat menghambat kerja saraf glandula pituitari posterior yang menghasilkan hormon oksitosin yang berperan dalam proses laktasi (Putrianingsih, 2022). Menurut data yang diperoleh dari RS Permata Bunda Purwodadi pada tahun 2021 tercatat sebanyak 2.069 persalinan sectio caesarea. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan Asuhan Keperawatan Pada Ny. P dengan Fokus Intervensi Breast Care pada Post Sectio Caesarea Indikasi Ketuban Pecah Dini Hari Ke-1 di Ruang Dewi Sinta RS Permata Bunda Purwodadi.

Metodologi; Jenis penelitian yang digunakan dalam karya tulis ini yaitu kuantitatif research yang menekankan pada analisa pada proses penyimpulan deduktif dan induktif dengan dan rancangan penelitian menggunakan studi kasus.

Hasil; Hasil penelitian yang didapatkan yaitu suplai ASI meningkat.

Kesimpulan; Dalam kasus ini data yang muncul secara mayor yaitu ASI menetes dan tidak ada kelainan pada struktur payudara sehingga peneliti lebih tepat apabila menegakkan diagnosa keperawatan menyusui efektif sesuai dengan kondisi pasien dan fokus intervensi yang tepat untuk menyusui efektif yaitu pijat laktasi.

Downloads

Published

2022-04-20