ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA NY.X DENGAN FOKUS INTERVENSI PEMBERIAN THERAPI ROM PADA PENDERITA STROKE

Authors

  • Ayu Setyaningrum universitas annur purwodadi
  • Wahyu Riniasih Universitas An Nuur

Keywords:

Rom, Stroke

Abstract

Latar Belakang ; Menurut data di Indonesia prevelensi penderita stroke tahun 2018 berdasarkan diagnosis dokter pada penduduk usia ≥15 tahun sebesar (10,9%), atau diperkirakan sebanyak 2.120.362 orang. Sementara prevelensi Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 yang penderita stroke 11,8%. Berdasarkan Profil Dinas kesehatan Kabupaten Grobogan tahun 2021 penyakit stroke masuk dalam 10 besar penyakit tidak menular dengan jumlah penderita terbanyak yaitu banyak 1176 kasus, terdiri atas 727 orang laki-laki dan 449 orang perempuan. Sedangkan data Puskesmas Toroh 1 pada tahun 2022 bulan maret yang penderita strok sebanyak 43 kasus, di desa Depok menjadi urutan pertama yang memiliki penderita strok terbanyak yaitu 7 orang.

Metodelogi ; Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah keluarga dengan penyakit stroke. Instrument penelitian menggunakan TTV set untuk menunjang data pada aspek fisik dan instrumen wawancara dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan rencana/konsep penelitian pengkajian keperawatan keluarga dengan pola fungsional menurut gordon dan pemeriksaan fisik.

Hasil ; Hasil penelitian yang telah didapatkan yaitu dengan pemberian terapi ROM pada pasien strok dapat meningkatkan kekuatan otot pasien.

Kesempulan ; Masalah pasien strok dengan intervensi ROM sudah berhasil.

Downloads

Published

2022-04-20