PENGARUH PEMBERIAN SAYUR DAUN KELOR DAN SAYUR DAUN KATUK TERHADAP KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI DI DESA TAMBIREJO KECAMATAN TOROH

Authors

  • Meity Mulya Susanti Universitas An Nuur

Keywords:

sayur daun kelor, Sayur Daun Katuk, ASI

Abstract

Latar Belakang: Menyusui bayi adalah kewajiban yang harus dilakukan ibu paska melahirkan. Hal ini di karenakan menyusui memiliki manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi serta memberikan efek positif bagi sang ibu. Kegagalan dalam proses menyusui tahap awal/inisiasi menyusui dini juga sering terjadi. Salah satu alternatif pemanfaat sayuran lokal untuk kelancaran produksi ASI seperti sayur daun kelor dan sayur daun katuk.

Tujuan: Untuk mengetahui Pengaruh pemberian sayur daun kelor  dengan sayur daun katuk terhadap kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui di desa Tambirejo Kecamatan Toroh.

Metodologi: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperiment dengan pendekatan pre post test desaign. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel yang didapatkan yaitu 36 responden yang dibagi menjadi dua, 18 sampel diberikan sayur daun kelor dan 18 sampel diberikan sayur daun katuk. Analisa data yang digunakan adalah uji wilcoxon dan uji mann-whitney

Hasil : Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sayur daun kelor dan sayur daun katuk menunjukan ada pengaruh dalam kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui. Dari hasil uji wilcoxon menunjukan p value < 0,05 (0,046 dan 0,025), sedangkan uji mann withney mendapatkan nilai sig 1.000 dan nilai mean rank dari sayur daun kelor adalah 18.50 sedangkan mean rank dari sayur daun katuk 18.50, jadi dapat disimpulkan bahwa sayur daun kelor dan sayur daun katuk sama-sama dapat melacarkan produksi ASI.

Kesimpulan : Sayur daun kelor dan sayur daun katuk sama-sama ada pengaruh terhadap kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui di Desa Tambirejo  Kecamatan Toroh.

Downloads

Published

2022-12-20