HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA

Authors

  • Della Ratna Meristyanti S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo
  • Puji Purwaningsih Prodi S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo
  • Zumrotul Chairijah S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo
  • Liyanovitasari S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo
  • Izzatul Alifah Sifai Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro
  • Fiktina Vifri Ismiriyam S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Dukungan Keluarga, kualitas hidup, lansia

Abstract

Kualitas hidup pada lansia dipengaruhi oleh dukungan dari keluarga. Dukungan keluarga membuat rasa aman dan nyaman bagi lansia. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa dukungan teman adalah support system utama untuk meningkatkan kualitas hidup lansia. Penelitian ini membuktikan bahwa dukungan keluarga berpengaruh terhadap kualitas hidup lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia di Kelurahan Karangjati Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.

Desain penelitian ini analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh usia lanjut yang berusia > 60 tahun yang berjumlah 899 lansia, dengan jumlah sampel sebanyak 90 lansia menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengambilan data dukungan keluarga menggunakan kuesioner TFSS-EP, untuk kualitas hidup menggunakan kuesioner WHOQoL-BREF.Analisis data dengan uji statistic Chi Squere.

Hasil penelitian menunjukkan dukungan keluarga pada lansia sebagian besar kategori baik (51,1%), kualitas hidup pada lansia sebagian besar kategori baik (70,0%). Ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia di Kelurahan Karangjati Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang, hasil uji didapatkan p value sebesar 0,031 < α ( 0,05).

Sebaiknya keluarga tetap memperhatikan dan meningkatkan fungsi dukungan keluarga dengan memperhatikan kondisi lansia untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Downloads

Published

2023-08-20