HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DENGAN PASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS NAMBLUONG TAHUN 2022

Authors

  • Roni Rachel Yaung STIKES BAKTI UTAMA PATI
  • Desi Sariyani Dosen Sarjana Kebidanan, STIKES Bakti Utama Pati
  • Dwi Anita Apriastuti Dosen Sarjana Kebidanan, STIKES Bakti Utama Pati

Keywords:

Pengetahuan, pemberian ASI eksklusif

Abstract

Latar belakang: Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan yang pertama, utama dan terbaik pada awal usia kehidupan bayi yang bersifat alamiah. Pada Puskesmas Nambluong menunjukkan masih rendahnya cakupan ASI eksklusif di Puskesmas Nambluong. Terdapat berbagai macam faktor yang mempengaruhi pemberian ASI eksklusif diantaranya pengetahuan ibu tentang pemberian ASI eksklusif. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang ASI ekslusif dengan pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Nambluong.

Metode: Jenis penelitian ini adalah survey analitik menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah ibu yang masih menyusui dan memiliki anak usia 0-6 bulan di Nambluong berjumlah 35 orang, diperoleh sampel sebesar 35 orang. Teknik sampling menggunakan total sampling. Analisa data menggunakan Chi-Square.

Hasil penelitian : Sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan baik yaitu sebanyak 19 orang (54,3%), sebagian besar responden tidak memberikan ASI eksklusif yaitu sebanyak 20 orang (51,1%), ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang ASI esklusif dengan pemberian ASI esklusif di Puskesmas Nambluong dengan nilai p= 0,008 dimana nilai p < α (0,05)

Kesimpulan: Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang ASI ekslusif dengan pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Nambluong.

Saran: Perlu adanya penyuluhan mengenai pentingnya ASI eksklusif dan cara penyimpanan ASI yang benar kepada masyarakat di Puskesmas Nambluong.

Downloads

Published

2023-08-20