PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN CERAMAH DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG INISIASI MENYUSUI DINI DI DESA WINONG DAN PENGKOL WILAYAH PUSKESMAS PENAWANGAN 1

Authors

  • Dina Maharani Universitas An Nuur Purwodadi
  • Anita Lufianti Universitas An Nuur Purwodadi
  • Christina Nur Widayati Universitas An Nuur Purwodadi

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Inisial Menyusui Dini, Tingkat Pengetahuan, Ibu Hamil

Abstract

Latar Belakang; Inisiasi Menyusui Dini (IMD) merupakan proses menyusui yang dimulai segera setelah bayi lahir dengan melakukan kontak kulit antara bayi dan ibu.Prevalensi persentase bayi baru lahir yang mendapat IMD di Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 sebesar 79,7%. Kabupaten/kota dengan persentase bayi baru lahir tertinggi yang mendapat IMD adalah Jepara 99%, sedangkan kabupaten dengan persentase terendah adalah Grobogan 7,6%.Data yang diperoleh dari Puskesmas Penawangan 1 ditemukan kasus IMD sebesar 45%.Upaya pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang IMD adalah melalui pendidikan kesehatan.Pengetahuan ibu hamil terhadap IMD masih rendah karena banyak yang belum mengetahui tentang IMD.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan kesehatan ceramah dengan media booklet dan ceramah terhadap ibu hamil tentang inisiasi menyusui dinidi desa winong dan desa pengkol wilayah puskesmas penawangan 

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre experiment dengan pendekatan the reserved treatment non equivalent control grop design with pre test post test. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan 40 responden.

Hasil: Berdasarkan analisis SPSS 24 mengunakan hasil uji Mann Whitneydi dapatkan  p value 0.048 < α 0,05,maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil tersebut adalah ada pengaruh signifikan antara pendidikan kesehatan ceramah dengan media booklet dan ceramah terhadap ibu hamil tentang inisiasi menyusui dinidi desa winong dan desa pengkol wilayah puskesmas penawangan 1.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan terhadap responden setelah dilakukan pendidikan kesehatan ceramah dengan media booklet dan ceramah terhadap ibu hamil tentang inisiasi menyusui dinidi desa winong dan desa pengkol wilayah puskesmas penawangan 1.

Downloads

Published

2021-12-19