EFEKTIVITAS PEMBERIAN SECHIUN EDULE DAN PSIDIUM GUAJAVA TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DI KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Dewi Sartika UNIVERSITAS AN NUUR
  • Musyafak Universitas An Nuur
  • Wahyu Riniasih Universitas An Nuur

Keywords:

Sechiun Edule, Psidium Guajava, penurunan kadar gula darah

Abstract

Latar Belakang; Penyakit diabetes melitus atau kadar gula darah yang tinggi, insiden penyakit ini semakin bertambah tiap tahunnya. Sedangkan penanganan diabetes melitus masih tertuju pada obat-obatan. Dalam perkembangannya beberapa penelitian memperkenalkan bagaimana cara mengatasi diabetes melitus diantaranya yaitu dengan terapi pemberian Sechiun Edule dan Psidium Guajava.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian Sechiun Edule dan Psidium Guajava terhadap penurunan kadar gula darah di Desa Ngabenrejo dan Desa Lemah Putih Grobogan.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Two Group Pretest-Postest Design. Sampel sebanyak 40 responden dibagi dalam 2 kelompok yaitu 20 responden kelompok pemberian Sechiun Edule dan 20 responden kelompok pemberian Psidium Guajava. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Analisa data statistik menggunakan uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test.

Hasil: Kelompok Sechiun Edule menunjukkan kadar gula darah sebelum diberikan perlakuan rata-ratanya 238.65 ml/dl dan kadar gula darah rata-rata sesudah perlakuan 231.50ml/dl. Pada uji Paired Sample T-Test nilai t hitung pada pemberian Sechiun Edule (14,185) lebih besar dari t tabel (1,18) atau sig (0,000) lebih kecil dari α (0,05) sehingga Ha diterima. Pada kelompok Psidium Guajava menunjukkan kadar gula darah sebelum diberikan perlakuan rata-ratanya 237.25 ml/dl dan kadar gula darah rata-rata sesudah perlakuan 202.75 ml/dl. Pada uji Paired Sample T-Test nilai t hitung pada pemberian Psidium Guajava (29,521) lebih besar dari t tabel (1,18) atau sig (0,000) lebih kecil dari α (0,05) sehingga Ha diterima. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai t hitung sebesar 21.489 > t tabel (2.433) dan nilai p value 0.000 < α (0.05).

Kesimpulan: Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas pemberian Sechiun Edule dan Psidium Guajava terhadap penurunan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus di Desa Ngabenrejo dan Desa Lemah Putih Grobogan.

Downloads

Published

2021-12-19