PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES LARUTAN JAHE (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE) TERHADAP NYERI ASAM URAT DI POSYANDU LANSIA MELATI DESA CANDISARI KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Endang Sriwati Universitas An Nur
  • Suryani Suryani Universitas An Nuur
  • Sutiyono Sutiyono Universitas An Nuur

Keywords:

Asam urat, kompres larutan jahe, skala nyeri

Abstract

Latar Belakang; Asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan tingginya kadar purin di dalam darah. Di Dunia asam urat meningkat dua kali lipat populasi >75 tahun, saat ini di Indonesia di lihat dari karakteristik umur dan jenis kelamin , prevalensi tertinggi umur >75 tahun (54,8%). Penderita wanita juga lebih banyak (27,5%) di bandingkan dengan pria (21,8%). Data dariBidan Desa Candisari yang dilakukan pada bulan Oktober 2018 penderita asam urat Di Posyandu Lansia Desa Candisari sebanyak 50 orang.Diperlukan suatu tindakan nonfarmakologi untuk mengurangi nyeri sendi, salah satunya adalah terapi nonfarmakologi kompres larutan jahe.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompres larutan jahe (zingiber officinale roscoe) terhadap nyeri asam urat di Posyandu Lansia Melati Desa Candisari Kabupaten Grobogan.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental dengan pretest-posttest with control group design yaitu menggunakan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol sebagai pembanding. Teknik sampling yang digunakan adalah noprobability sampling dengan pendekatanTotal Sampling dan didapatkan sampel berjumlah 50 responden.

Hasil: Analisa pengaruh ditujukan dengan adanya pengaruh tingkat skala nyeri sebelum dan setelah dilakukan pemberian kompres larutan jahe menggunakan uji statistik paired t test, didapatkan nilai signifikasi sebesar 0,0001<(p<0,05), maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh skala nyeri pada responden sebelum dan setelah pemberian kompres larutan jahe.

Kesimpulan: Hasil penelitian dapat disimpulkan adapengaruh pemberian kompres larutan jahe (zingiber officinale roscoe) terhadap nyeri asam urat di Posyandu Lansia Melati Desa Candisari Kabupaten Grobogan

Downloads

Published

2021-12-19