PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG PENCEGAHAN KANKER PAYUDARA TERHADAP PRAKTIK MELAKUKAN SADARI PADA WANITA DI DUSUN NGASEM, DESA DEPOK, KECAMATAN TOROH,KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Fenny Nur Ariyanti
  • Purhadi
  • Sutiyono

Keywords:

Kanker, Payudara, Sadari

Abstract

Latar Belakang; kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang umum pada wanita. Jenis payudara merupakan tumor ganas yang tumbuh didalam jaringan payudara. Penyakit kanker payudara merupakan salah satu penyakit tidak menular yang mempunyai kecenderungan meningkat setiap tahunnya, sehingga beban yang harus ditanggung dunia akibat penyakit ini semakin tinggi juga kejadian kanker payudara banyak terjadi disetiap negara didunia (Kemenkes, RI,2018.

 

Tujuan

Metode: metode penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan desain one grup post test pre test. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan didapatkan 32 responden. Analisis data dengan menggunakan bantuan komputerisasi menggunakan uji normalitas dan uji Wilcoxone..

 

Hasil: berdasarkan hasil Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, responden yang diberikan pendidikan kesehatan tentang kanker payudara berusia 40 – 60 tahun sebanyak 5 (24,9%). Responden yang berusia 40 – 50 tahun sebanyak 14 responden (43,7%), responden yang berusia 51 – 60 tahun sebanyak 18 responden (56%). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, responden yang berpengetahuan baik sebanyak 32 (100,0%), responden yang berpengetahuan cukup sebanyak 24 (75,0%) responden yang pengetahuan kurang 8 (25,0%). ada pengaruh  yang signifikan antara pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual tentang pencegahan kanker payudara terhadap praktik melakukan kanker payudara, yang ditunjukkan dengan nilai ρ-value (0,000) <α (0,05).


Kesimpulan: berdasarkan hasil uji wilcoxone ada pengaruh  yang signifikan antara pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual tentang pencegahan kanker payudara terhadap praktik melakukan kanker payudara.

Downloads

Published

2018-08-19