PENGARUH KONSUMSI MAKANAN YANG MENGANDUNG LEMAK JENUH TERHADAP PENINGKATAN KADAR KOLESTEROL DI DESA NGABENREJO KABUPATEN GROBOGAN

Authors

  • Ganang Wahyu Kurniadi
  • Purhadi Purhadi
  • Nurulistyawan Tri Purnanto

Keywords:

Konsumsi Makan, Lemak Jenuh, Kadar Kolesterol

Abstract

Latar Belakang; Penyakit kardiovaskuler yang diakibat kan karena tingginya kolesterol adalah penyebab kematian nomor 1 secara global, Salah satu factorresiko penyakit kardiovaskuler adalah tingginya kolesterol darah dan semua yangberhubungan dengan kebiasaan makan yang buruk. Peningkatan kasus inidisebabkan karena paparan factor resiko seperti konsumsi lemak jenuh dan kurang serat.

Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk menhetahui pengaruh konsumsi makananyang mengandung lemak jenuh terhadap peningkatan kadar kolesterol di desa Ngabenrejo.

 

Metode:Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah case control yaitu suatu penelitian survey analitik yang menyangkut bagaimana factor resiko dipelajari dengan pendekatan retrospektif. Dengan sampel sebanyak 60 orang.

 

Hasil:Hasil analisa data menggunakan uji chi-square didapatkan nilai 0,000 ( p= 0,000), artinya nilai p <0,05. Nilai p <0,05 berarti Ho ditolak dan Ha diterima.Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh konsumsi makanan yangmengandung lemak jenuh terhadap peningkatan kadar kolesterol di desaNgabenrejo.

Kesimpulan:Berdasarkan hasil chi-square dapat disimpulkan terdapat pengaruhkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh terhadap peningkatan kadar kolesterol warga desa Ngabenrejo

 

Downloads

Published

2018-08-19